Senin, 21 Maret 2011

Ide dan Peluang Usaha Flannel

4 tahun sudah aku berkecimpung di dalam dunia jahit menjahit.Mengasyikan dan bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan rasa jenuhku disela-sela hari libur.Bila dapat kutarik kembali waktu lalu,maka aku akan menelusuri mengapa saat ini aku jadi tergila-gila dengan hobi baruku.Buatku ini sangat aneh karena aku bukan tipe orang yang menyukai pelajaran seni,terutama seni kerajinan tangan.Seingatku,aku mendapat nilai C untuk ujian praktek seni sewaktu SD kelas 6.Tapi kenapa ya,rasa benci itu berubah jadi cinta.Dan perlahan semakin aku terlarut aku makin menyukainya.

Semua ini bermula ketika adikku membeli sebuah buku membuat pernak-pernik dari kain felt (flanel).Rasa ingin tahuku muncul dan aku mulai mempelajari teknik menjahit dan bagaimana membuatnya.Memang hasil perdanaku tidak bagus,hancur malah.Tapi itu tidak menjadi alasan buatku untuk mundur,malahan aku makin tekun dan berusaha sampai aku bisa.

Karena jadwal sekolah yang cukup padat,belum lagi tugas-tugas yang menumpuk,memaksaku untuk berhenti sejenak dalam hobi baruku.Jadi kuputuskan hanya di waktu senggang dan libur saja aku mengerjakannya.Lambat laun,aku mulai menguasai teknik pembuatannya.Aku senang karena kali ini hasilnya cukup menggembirakan daripada yang pertama.Maka aku putuskan untuk terus belajar dan mendalami lagi.

Awalnya ide ini hanya sekedar hobi saja dan hasilnya kugunakan sendiri.Tapi teman-teman yang melihat karyaku membujuk untuk meneruskan hobi ini sebagai ajang bisnis.Aku berpikir mana mungkin aku bisa karena aku seorang amatir,dan lagi tidak ada pengalamanku berbisnis.Teman-teman terus menyemangatiku dan akhirnya aku coba saja.Kalau laku puji Tuhan,tidak juga tidak apa-apa.Toh ini hanya untuk menyenangkan teman-temanku saja.

Dari 1 orang ke orang lain informasi tentang bisnisku mulai merambat.Hampir seluruh isi sekolahku tahu dan mulai memesan.Orderan demi orderan pun berdatangan hingga aku tidak sanggup mengerjakan sendiri.Ternyata ajang coba-coba ini berhasil juga dan aku pun meraup untung lumayan.Bahkan aku bisa menghasilkan uang jajanku sendiri.

SMA kelas 2,awal perjalanan bisnisku.Tak terasa sudah hampir 4 tahun aku hidup dan berkecimpung di dunia hobi yang berubah menjadi bisnis ini.Kini aku terus melanjutkan keduanya,hobi dan bisnisku.Aku juga telah mempunyai merk dagang sendiri untuk mempromosikannya.Dan aku juga bisa menghasilkan uang sendiri,bahkan bisa menambah biaya kuliah dan keperluan lain.Ada rasa bangga dan takjub,karena aku tidak menyangka bahwa dari sekedar hobi tapi bisa membawaku menuju puncak kesuksesan.

Tahun 2010,aku berencana untuk bergabung dengan rekanku untuk membuat e-commerce sebagai upayaku mengembangkan sayap.Mudah-mudahan saja aku dapat terus berkarya.Ada satu hal yang aku rindukan dan impikan,yaitu aku ingin membuka workshop pribadi dan membuat pelatihan bagi para remaja untuk bisa sukses dari hobi mereka.Karena buatku tidak ada sesuatu yang mustahil bila kita mau serius dan mau terus bergantung pada Tuhan.

Aku sangat mengharapkan kisahku ini bisa menjadi inspirasi untuk kita semua menuju kesuksesan.Dan tidak perlu merasa malu atau kecil hati karena tidak memiliki kelebihan di satu bidang,tapi dari hobi kita bisa mewujudkan mimpi besar kita.
Semangat para generasi bangsa!Lanjutkan karya agungmu!

1 komentar:

  1. Sukses terus ya , Ve....bisnsmu semakin mJu karena berangkat dari hobbymu....Percayalah..!!! Bravo my honey student..and good luck..!!.

    BalasHapus